Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Yang Sebaiknya Anda Tahu Tentang Tabung Oksigen

Tabung Oksigen merupakan salah satu diantara sekian banyak alat – alat kesehatan yang dibutuhkan di rumah sakit dan klinik. Namun lebih dari itu, tabung oksigen juga dibutuhkan di sektor lain seperti perikanan, pertanian dan lain sebagainya. Kali ini, kita akan mengenal lebih lanjut tentang alat medis yang satu ini, so jangan kemana – mana.

Pengertian Tabung Oksigen

Saya yakin sebagian dari anda sudah mengetahui apa itu tabung oksigen. Menurut saya, tabung oksigen adalah sebuah alat yang berbentuk tabung pada umumnya yang terbuat dari bahan khusus yang digunakan untuk menampung / menyimpan oksigen untuk berbagai kebutuhan tertentu seperti medis, industri dan yang lain sebagainya.

Tabung Oksigen sendiri pada umumnya terbuat dari besi tebal, sama seperti tabung – tabung yang digunakan untuk menyimpan gas – gas lain misalnya gas LPG, Nitrogen, atau juga yang digunakan untuk las karbit. Mengapa dibuat demikian ?

Hal ini karena sifat gas yang dapat memuai apabila terkena panas, sehingga di dalamnya akan terjadi tekananyang besar. Apabila bahan yang digunakan tidak kuat maka dapat meledak dan membahayakan penggunanya.

Namun untuk tabung oksigen, saya sendiri belum pernah tahu kejadian ledakan yang disebabkan karena tabung ini. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika memang anda terpaksa membeli tabung ini dan menyimpannya di dalam rumah.

Fungsi Tabung Oksigen

Pada artikel yang telah lalu kita sudah membahas tentang macam – macam alat bantu pernafasan, dan tabung oksigen termasuk di dalamnya. Hal ini karena memang tabung oksigen paling banyak digunakan untuk kebutuhan medis. Yakni untuk menyimpan oksigen murni untuk kebutuhan penanganan pasien yang harus diberikan pertolongan oksigenasi. Adapun fungsi lainnya seperti apa yang sudah kita singgung diatas.

Bisakah Kita Membeli Tabung Oksigen ?

Tentu saja, tabung oksigen termasuk alat medis yang diperjualkan secara bebas. Biasanya, oksigen dibutuhkan untuk bantuan penapasan bagi seseorang yang sudah mengalami gangguan nafas akut yang dirawat dirumah. Tentunya akan membutuhkan oksigen terus menerus, sehingga tidak ada jalan lain selain membeli tabung oksigen sendiri.

Mengenal Ukuran Tabung Oksigen

Mungkin kita yang awam tidak begitu paham mengenai ukuran – ukuran tabung oksigen. Jadi, tabung oksigen memiliki beberapa ukuran yaitu, kecil, sedang dan besar.

Ukuran TabungTinggi TabungDiameter TabungKeliling TabungBerat (Isi)
1 M264 cm14 cm45 cm10 kg
1,5 M378 cm17 cm54 cm15 kg
2 M399 cm16,5 cm52 cm20 kg
6 M3143 cm22 cm7060 kg

Cara Menggunakan Tabung Oksigen

tabung oksigen

Di dalam tabung oksigen terdapat gas Oksigen (O2) yang memiliki tekanan tertentu. Apabila langsung digunakan tentunya manusia tidak akan kuat menahan laju aliran oksigen yang keluar. Oleh sebab itu, kita membutuhkan sebuah alat yang berfungsi untuk mengatur laju aliran oksigen dari tabung yang biasanya disebut dengan regulator oksigen.

Jadi untuk menggunakan oksigen dalam tabung kita bisa lakukan langkah – langkah sebagai berkut :

  • Siapkan tabung oksigen yang sudah berisi oksigen
  • Siapkan regulator oksigen
  • Siapkan selang dan masker oksigen atai bisa juga menggunakan Oksigen canula
  • Pasan regulator oksigen pada tabung oksigen, pastikan anda memasangnya dengan benar.
  • Hubungkan selang oksigen pada regulator
  • Oksigen siap digunakan pada pasien, baik secara langsung ataupun menggunakan alat lain seperti CPAP atau Neupuff untuk bayi.

Nah, itulah sekilas ulasan singkat tentang tabung oksigen yang digunakan untuk kebutuhan medis dan non medis. Mudah – mudahan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita, sekian dan selamat beraktifitas kembali.


 

Related Posts

About The Author

Add Comment