Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apa Itu Oksigen Concentrator ? Ini Dia Penjelasannya !

Oksiegn Concentrator merupakan salah satu diantara sekian banyak alat – alat medis yang sering digunakan secara pribadi. Alat ini dapat memberikan suplay oksigen dalam jumlah dan waktu tertentu untuk digunakan secara langsung pada pasien yang membutuhkan atau sekedar untuk terapi pemulihan kesehatan. Apa itu Oksigen Concentrator ? Kita akan pelajari di kesempatan kali ini.

Semua orang pasti mengetahui bahwa Oksigen (O2) merupakan salah satu zat yang kita butuhkan untuk kehidupan kita dan makhuk hidup lainnya di dunia ini. Zat ini bisa kita dapatkan secara gratis di alam semesta dengan menggunakan system pernafasan kita.

Oleh sebab itu, jika seseorang mengalami gangguan pernafasan, oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan terhambat. Itulah yang sering disebut sesak nafas.

Ketika datang pasien sesak nafas, paramedis dengan sigap memberikan bantuan nafas menggunakan alat bantu pernafasan untuk membantu pasien bernafas. Tindakan ini kerap disebut dengan oksigenasi.

Yaitu pemberian tambahan oksigen pada pasien yang mengalami sesak nafas. Alat yang digunakan sering disebut dengan alat oksigenasi. Diantara salah satu alat yang dapat digunakan untuk tindakan oksigenasi adalah Oksigen Concentrator.

Pengertian Oksigen Concentrator

Ya, sudah sedikit disinggung di bagian depan bahwa Oksigen Concentrator merupakan salah satu alat medis yang berfungsi untuk membantu memberikan suplay oksigen kepada pasien yang mengalami gangguan pernafasan.

Oksigen Concentrator juga sering diistilahkan sebagai alat penghasil oksigen karena berdasarkan cara kerjanya, alat ini dapat menghasilkan oksigen. Oksigen tersebut langsung dapat dimanfaatkan untuk berbagai tindakan medis.

Meskipun penemuan alat ini sudah cukup lama, namun belum begitu lama orang mengetahui ada satu alat yang dapat menghasilkan oksigen murni. Selama ini, kebanyakan orang memahami bahwa oksigen hanya didapat dari tabung oksigen yang sering kita lihat di rumah sakit ataupun klinik. Namun ternyata, sekarang oksigen (O2) dapat kita hasilkan sendiri dari alat oksigen concentrator ini.

Cara Kerja Oksigen Concentrator

Untuk mengetahui bagaimana prinsip kerja alat ini, akan lebih baik apabila kita juga mengetahui bagian – bagian yang terdapat di dalam alat ini. Berikut ini gambar bagian – bagian dan sekaligus prinsip kerja Oksigen concentrator :

oksigen concentrator

https://www.oxygenconcentratorstore.com

Bagian – Bagian Oksigen Concentrator :

  • Kompresor untuk menyerap udara masuk ke dalam alat
  • Sistem penukar panas
  • Tangki untuk lonjakan
  • Katup selenoida empat arah
  • Sistem penyaringan molekul
  • Tangki penghasil
  • Regulator Tekanan
  • Katup pengatur aliran oksigen

Nah, setelah kita mengetahui bagian – bagian oksigen concentrator kita akan lebih mudah menjelaskan bagaimana cara kerja atau alur kerja alat ini.

  1. Kompresor bekerja untuk menyerap udara bebas disekitar alat diletakkan
  2. Kemudian system perukar panas bekerja dan kemudian udara masuk ke tangka lonjakan, di sini oksigen dikompresi
  3. Kemdian masuk ke system penyaringan molekul melalui katup selenoida empat arah. Dalam system ini, zat Nitrogen dibuang dari udara sehingga tinggalah oksigen murni yang masuk ke dalam tangka penghasil
  4. Dari sini tekanan oksigen dan laju aliran oksigen murni yang telah dihasilkan diatur sehingga dapat diterima dengan nyaman oleh pengguna.

Manfaat Oksigen Concentrator

Fungsi dan manfaat merupakan kata yang sekilas terlihat sama, namun jika kita kaji mendalam memiliki makna yang berbeda. Demikian pula jika kita berbicara mengenai fungsi dan manfaat oksigen concentrator. Secara umum fungsi oksigen concentrator adalah menghasilkan oksigen murni dengan kadar 90% – 95%. Sedangkan manfaatnya cukup banyak :

  • Sebagai alat oksigenasi di rumah sakit / klinik
  • Untuk terapi pemulihan kesehatan di rumah
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membantu memperkuat system kekeabalan tubuh terhadap penyakit
  • Dapat memperkuat kinerja jantung
  • Terapi penghilang kelelahan dengan cepat
  • Dapat digunakan bersama dengan alat CPAP untuk gangguan sleep apnea

Dan tentunya masih banyak sekali manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan alat ini.

Baca Juga : Alat ukur kadar Oksigen dalam darah pulse oximeter


 

Related Posts

About The Author

Add Comment