"> Macam Macam Kursi Roda Dan Fungsinya Macam Macam Kursi Roda Dan Fungsinya

Mengenal Beberapa Macam Jenis Kursi Roda Dan Fungsinya

Kursi roda merupakan salah satu alat bantu jalan yang banyak dibutuhkan. Mungkin sebagian kita beranggapan, kursi roda hanya untuk seseorang yang mengalami cacat permanen pada kaki sehingga untuk beraktifitas harus membutuhkan alat bantu. Ternyata tidak demikian, ada banyak jenis kursi roda yang memiliki fungsi masing – masing. Berikut pembahasan macam macam kursi roda dan fungsinya.

Apa Itu Kursi Roda ?

Sebagaimana kita ketahui, secara fisiknya kalau kita lihat, kursi roda merupakan sebuah kursi yang dilengkapi dengan roda. Kursi ini dapat bergerak dengan mengandalkan putaran roda. Roda dapat berputar karena dikayuh oleh pengguna atau juga didorong oleh orang lain dari belakang.

Kursi roda termasuk ke dalam salah satu alat bantu jalan dan juga termasuk peralatan medis yang berfungsi untuk menunjang dan menopang kaki yang tidak dapat berjalan karena beberapa faktor seperti cacat permanen atau akibat kecelakaan, pemulihan dari sakit & cidera kaki, lansia, anak berkebutuhan khusus.

Mengenal Macam – Macam Kursi Roda Dan Fungsinya

Berikut ini beberapa macam kursi roda yang banyak tersedia di pasaran. Nama kursi roda yang kami sebutkan di sini adalah berdasarkan pengetahuan kami dan juga riset di pasaran. Bisa saja satu jenis kursi roda akan memiliki nama yang berbeda.

1. Kursi Roda Standar

macam macam kursi roda

Sesuai dengan namanya, kursi roda standar merupakan kursi roda dengan fungsi yang standar, yakni digunakan sebagai kursi (tempat duduk) yang dilengkapi roda dengan fungsi untuk membantu berjalan dari satu tempat ke tempat lain salam ruangan tertentu.

Ciri dari kursi roda standar adalah hanya bisa digunakan di dalam rumah atau halaman. Memiliki fitur minimal, yang sudah kita sebutkan diatas. Pada umumnya, di pasaran kursi roda standar terdapat dua jenis berdasarkan dari model velg. Yakni velg racing dan ruji-ruji.

Perbedaan velg tidak mengurangi atau menambah fitur dari kursi roda tersebut. Untuk penggunaan, kursi roda ini cukup fleksibel, namun pada umumnya kursi roda ini digunakan untuk membantu berjalan lansia yang sudah mengalami kesulitan berjalan.

Selain itu, kursi roda ini digunakan di rumah sakit yaitu untuk transfer pasien di dalam lingkungan rumah sakit. Digunakan juga untuk pasien cidera kaki dalam proses penyembuhan, dan juga dapat digunakan untuk seseorang dengan kondisi cacat kaki.

Kursi roda standar dapat digerakan sendiri oleh pengguna dengan memutar roda menggunakan tangan. Atau didorong dari belakang oleh seseorang yang membantunya dalam berjalan. Dari sekian banyak macam – macam kursi roda yang akan kita bahas di kesempatan ini, mungkin bisa kita pastikan kursi roda jenis ini memiliki harga paling rendah (murah).

2. Kursi Roda Traveling

macam macam kursi roda

Sekilas kursi roda mirip dengan kursi roda standar. Namun kalau kita melihat lebih detail lagi, terdapat banyak perbedaan diantara kedua jenis kursi roda tersebut. Ya, dari namanya saja kita sudah bisa menemukan perbedaannya.

Memang kursi roda ini diberi nama kursi roda traveling yang digunakan khusus untuk anda yang hobi traveling namun memiliki keterbatasan fisik. Desain kursi roda ini pun menyesuaikan fungsinya. Riangan, simpel dan sangat mudah dibawa. Selain itu, kursi roda jenis ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dari kursi roda standar.

Kursi roda ini dibuat khusus untuk digunakan di luar ruangan (traveling). Namun demikian, bukan berarti anda bisa bepergian kemanapun dengan kursi roda ini. Cukup dengan berkeliling komplek perumahan anda atau ke tempat wisata dengan jalan yang mudah dilalui dan tidak terjal.

Beberapa ciri dari kursi roda ini yang membedakan dengan yang lainnya adalah bahan rangka yang dibuat dari material yang ringan namun memiliki kekuatan yang baik. Memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah dilipat sehingga dapat dimasukkan ke dalam mobil.

Selain itu, kursi roda traveling umumnya memiliki rem tangan sehingga sangat mudah digunakan oleh orang yang mendorong dari belakang. Dari sisi lainnya, kursi roda ini juga memiliki warna yang mencolok dan bermotif.

3. Kursi Roda BAB

macam  macam kursi roda

Diantara macam macam kursi roda, ada juga yang memiliki fitur tambahan. Yakni di bagian tempat duduk memiliki lobang yang dapat difungsikan sebagai tempat BAB. Karena fungsinya tersebut kursi roda jenis ini disebut dengan kursi roda BAB. Atau dalam bahasa asing biasa disebut Commode Wheel Chair.

Kalau kita lihat kursi roda ini merupakan hasil modifikasi dari kursi roda standar yang sudah kita sebutkan di bagian palng awal. Yaitu dengan mengubah dudukan sedemikian sehingga dapat difungsikan sebagai tempat BAB bagi penggunanya.

Selain itu, kursi roda BAB ini dilengkapi dengan wadah feses yang dapat dengan mudah dipasang dan dilepas sehingga mudah dibersihkan.

Kursi roda jenis ini cocok digunakan untuk para lansia yang sudah tidak mampu lagi berjalan atau berdiri dan tidak mampu mengontrol BAB. Namun tidak hanya itu, kursi roda ini juga dapat digunakan untuk orang sakit, cidera kaki, dengan keterbatasan gerak, berdiri dan jongkok. Sehingga membutuhkan bantuan ketika BAB.

4. Kursi Roda Reclining

macam macam kursi roda

Jika anda mencari sebuah kursi roda dengan fungsi dan fitur yang paling lengkap, anda bisa memilih jenis kursi roda yang satu ini. Dipasaran sering disebut dengan istilah kursi roda Reclining. Kalau kita lihat kursi roda ini juga merupakan modifikasi dari kursi roda standar. Namun sangat lengkap.

Selain dudukan yang sudah dimodifikasi sebagai commode, bagian sandaran juga ditambah pada bagian atas yang berfungsi sebagai sandaran kepala. Selain itu, pada bagian bawah, selain pijakan kaki, kursi roda in ijuga dilengkapi dengan sandaran betis.

Yang lebih membedakan kursi roda ini dengan yang lainnya yaitu fitur sandaran punggung yang dapat dimiringkan hingga 180 derajat atau posisi tiduran. Sehingga kursi roda ini dapat juga difungsikan sebagai tempat tidur sementara.

Karena memiliki fitur yang lengkap, kursi roda ini juga sering disebut dengan kursi roda multi fungsi (muti guna) atau juga disebut dengan kursi roda 3 in 1 (three in one) yaitu kursi roda yang memiliki tiga fungsi sekaligus. Kursi roda standar, kursi BAB, dan juga sebagai tempat tidur.

5. Kursi Roda Anak Cerebral Palsy

macam  macam kursi roda

Cerebral Palsy merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem gerak, otot dan juga kordinasi tubuh. Hal ini menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan dan membutuhkan peralatan untuk beraktifitas sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah kursi roda dengan fitur penunjang penderita cerebral pasly. Meskipun tidak dapat membantu secara sempurna, namun setidaknya dapat meringankan dan mempermudah aktifitas mereka.

Desain yang sangat unik, nyaman dan fleksibel. Busa yang tebal dan nyaman, warna yang menarik, serta fitur yang sangat lengkap. Kalau anda perhatikan, kursi roda ini dilengkapi juga dengan meja makan untuk mempermudah penggunanya.

Selain itu, kursi roda ini juga memiliki fitur rebahan hingga 180 derajat seperi Reclining. Dilengkapi dengan sabuk pengaman yang sangat safety sehingga dapat menahan pengguna dari gerakan yang berlebihan yang memungkinkan penguna dapat terjatuh.

Bahkan dari beberapa kursi roda yang ada di pasaran, terdapat kursi roda anak cerebral pasly yang dapat difungsikan untuk membantu berdiri.

6. Kursi Roda Elektrik (Listrik)

macam macam kursi roda

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat instrument yang awalnya manual mulai berubah menjadi otomatis atau elektrik. Demikian juga dengan kursi roda. Telah banyak dipasaran, kursi roda elektrik yang memanfaatkan energi listrik untuk bergerak.

Hanya saja memang, jenis kursi roda yang satu ini cukup mahal dari sisi harga sehingga belum banyak yang menggunakannya.

Perbedaan yang sangat mencolok dari kursi roda ini dibandingkan dengan kursi roda yang lainnya adalah adanya unsur elektrik yang menggerakan kursi roda ini. Pengguna hanya cukp menggerakan joystik yang ada di bagian kanan sandaran tangan.

Dilengkapi dengan motor listrik yang disuplay oleh baterai dengan kapasitas tertentu. Cukup praktis. Untuk fiturnya standar seperti kebanyakan kursi roda yang lainnya. Dari sisi model, kursi roda ini cukup kecil namun dapat digunakan oleh orang dewasa.

Rangkanya terbuat dari bahan yang ringan dan kuat. Roda didukung dengan roda yang ban hidup sehingga terasa ringan dan nyaman digunakan. Kelebihannya kursi roda ini dapat digunakan untuk memanjat dengan kemirinan hingga 20 – 30 derajat.

7. Kursi Roda Sport

macam  macam kursi roda

Olahraga tidak pandang keterbatasan, bagi sebagian saudara kita yang memiliki keterbatasan gerak atau cacat pada kaki tetap masih bisa berolahraga. Bahkan mengikuti kejuaraan. Ya, olahraga balapan dengan menggunakan kursi roda.

Kursi roda yang didesain khusus digunakan untuk kejuaraan. Tidak diperjual belikan secara bebas, karena fiturnya dibuat dan dirancang khusus untuk kejuaraan. Kalau kita melihat pada gambar, kursi roda ini memang tidak dapat digunakan oleh sembarang orang.

Selain itu, kursi roda ini juga hanya digunakan khusus untuk olahraga. Tidak direkomendasikan untuk penggunaan harian.

Mungkin ada banyak lagi macam macam kursi roda yang belum kita ketahui. Berikan komentar anda bila anda mengetahui ada jenis kursi roda lain yang belum dibahas dalam artikel ini. Sekian, semoga bisa bermanfaat.


 

Related Posts

About The Author

Add Comment