Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal Berbagai Macam Jenis Timbangan Dan Fungsinya

Jenis timbangan yang kita gunakan berbeda – beda sesuai dengan peruntukkannya. Walaupun demikian, terkadang kita tetap bisa menggunakan timbangan yang bukan peruntukkannya, namun tentunya hasilnya kurang akurat. Nah, ada berapa banyak jenis timbangan yang anda kenal ? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara esklusif.

Sebelumnya, apa sih definisi timbangan ? Timbangan adalah satu alat yang digunakan untuk mengukur masa sebuah benda, namun kebanyakan orang tidak mengenal masa, yang kita kenal adalah berat. Jadi bisa juga kita artikan bahwa timbangan merupakan alat yang digunakan untuk mengukur / mengetahui berat benda.

Mengenal Berbagai Macam Jenis Timbangan

Selain menggunakan nama timbangan, alat pengukur masa ini juga memiliki nama lain seperti neraca, scale, atau mungkin ada bahasa lain untuk menyebutkan alat ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa mcam timbangan berikut ini :

Jenis Timbangan Berdasarkan Prinsip Kerjanya

1. Timbangan Digital

Perkembangan teknologi telah membuat kita bermigrasi dari dunia manual (analog) ke dalam dunia otomatis (digital). Ada banyak contoh alat yang sudah teraplikasikan, tidak terkecuali dengan timbangan. Mungkin kita dulu hanya mengenal beberapa jenis timbangan dengan sistem mekanik. Namun sekarang, sudah ada timbangan digital yang dapat secara langsung memberikan kita hasil pengukuran.

Secara umum timbangan digital adalah alat ukur masa benda yang bekerja dengan sistem elektronik. Yaitu menggunakan sensor dan mikro komputer sehingga dapat membandingkan masa benda dengan skala ukurnya sekaligus menampilkannya pada layar.

timbangan digital

2. Timbangan Mekanik (Manual)

Biarpun perkembangan teknologi sudah membawa kita memasuki dunia digital, namun teknologi manual sebagai cikal bakal penemuan alat ukur ini tidak serta – merta ditinggalkan. Bahkan masih digunakan hingga sekarang. Secara umum timbangan manual atau timbangan mekanik adalah alat ukur masa yang bekerja dengan sistem mekanik. Membandingkan masa benda dengan skala ukur yang telah disepakati. Ada banyak contoh timbangan manual, ini salah satunya :

timbangan manual

3. Timabangan Hybrid

Berdasarkan cara kerjanya selain ada timbangan manual dan digital. Ada juga timbangan yang merupakan perpaduan diantara keduanya yang sering disebut timbangan Hybrid. Timbangan ini memiliki dua buah sistem yang bekerja, yaitu sistem mekanik menggunakan manual dan untuk display menggunakan sistem digital. Contoh timbangan seperti ini biasanya pada timbangan – timbangan barang dengan masa yang cukup berat.

timbangan hybrid

Jenis Timbangan Berdasarkan Fungsi Atau Kegunaanya

Adapun jenis timbangan bisa juga kita klasifikasikan berdasarkan spesifikasi fungsinya. Memang timbangan memiliki fungsi umum yang sama, yakni mengukur masa benda. Namun untuk secara spesifik, ada beberapa macam timbangan diantaranya sebagai berikut :

1. Timbangan Badan (Body Scale)

Jenis timbangan yang satu ini pasti anda sudah tidak asing lagi. Timbangan badan yaitu timbangan yang digunakan khusus untuk mengukur masa tubuh (badan) manusia. Bukan tidak bisa digunakan untuk menimbang benda, namun timbangan ini sudah didesain dan dikonsep sedemikian rupa sehingga hanya dipergunakan untuk mengukur masa / berat badan.

timbangan badan

2. Timbangan Emas

Bukan merupakan timbangan yang terbuat dari Emas, melainkan timbangan yang dibuat secara khusus untuk menimbang logam Emas. Timbangan ini memiliki akurasi yang cukup tinggi karena digunakan untuk mengukur logam mulia yang harganya cukup mahal. Timbangan ini juga terdiri dari dua macam, yaitu versi digital dan manual.

timbangan emas

3. Timbangan Obat (timbangan gram)

Hampir sama dengan timbangan Emas, timbangan ini secara khusus digunakan untuk menimbang /mengukur masa obat. Biasanya timbangan ini digunakan di Apotek rumah sakit dan klinik untuk menimbang dosis obat puyer yang diberikan kepada pasien agar sama. Timbangan ini juga terkadang disebut dengan timbangan gram karena memiliki ketelitian yang cukup kecil.

4. Timbangan Analytic

timbangan analitik

Timbangan analitik yaitu timbangan dengan ketelitian yang cukup kecil yang digunakan di Laboratorium baik laboratorium ilmiah, kedokteran, dan juga laboratorium lainnya. Biasanya timbangan ini merupakan jenis timbangan digital dengan ketelitian tinggi.

Baca juga : Alat laboratorium dan fungsinya

5. Timbangan Buah

timbangan buah

Sekilas kalau kita perhatikan, timbangan analitik dan timbangan buah memilik bentuk yang serupa. Namun sekali lagi, timbangan ini dirancang dan dibuat dengan maksud dan spesifikasi fungsi yang berbeda. Timbangan buah adalah timbangan yang digunakan untuk mengukur masa buah. Biasanya timbangan ini digunakan di toko buah yang disertai dengan fitur konversi harga sehingga mudah digunakan.

6. Timbangan Counting

timbangan counting

Timbangan Counting serupa dengan timbangan buah. Timbangan ini termasuk jenis timbangan digital yang dapat diatur menggunakan fitur mode yang ada. Timbangan ini biasanya digunakan untuk menimbang beberapa barang lebih dari satu. Disebut timbangan counting atau timbangan hitung karena dapat berfungsi menimbang barang berjmlah seperti menimbang paku, baut dan lain sebagainya.

7. Timbangan Hewan

timbangan hewan

Ternyata ada juga jenis timbangan yang digunakan untuk menimbang hewan. Khususnya hewan – hewan yang akan dijual dalam kondisi hidup seperti kambing, sapi, kerbau dan lain sebagainya. Timbangan ini juga dapat digunakan di kebun binatang atau tempat pemeliharaan hewan nasional untuk mengecek kondisi kesehatan hewan tersebut.

Jenis Timbangan Berdasarkan Cara Menggunakannya

Nama sebuah timbangan bisa juga disebutkan dari cara menggunakannya. Itulah sebabnya ada beberapa macam timbangan yang bisa kita klasifikasikan berdasarkan ini. Berikut diantaranya :

1. Timbangan Injak

Timbangan ini sering sekali kita gunakan, yaitu pada jenis timbangan badan (body scale). Cara menimbang menggunakan body scale yaitu diinjak atau kita menginjak timbangan tersebut agar timbangan dapat membandingkan semua beban. Kebanyakan dari timbangan merupakan timbangan injak, menimbang dengan cara diinjak.

timbangan injak

2. Timbangan Gantung

Kalau ini bukan cara menggunakannya kita harus digantung ! Bukan demikian, yang dimaksudkan di sini adalah, timbangan tersebut harus digantungkan pada sesuatu agar dapat digunakan. Timbangan ini ada dua jenis, timbangan dacin, yaitu timbangan yang terbuat dari bahan kuningan. Timbangan ini sering digunakan untuk menimbang padi atau beras. Dan jenis lainnya timbangan gantung jarum yang umumnya digunakan untuk menimbang ayam saat akan dijual.

timbangan gantung

3. Timbangan Meja

Kalau ini dinamakan berdasarkan cara penggunaanya yaitu diletakkan diatas meja. Sebenarnya, penamaan atau pengelompokkan ini tidak berdasarkan standar internasional, hanya berdasarkan pada kebiasaan orang di satu negera yang meletakkan jenis timbangan tersebut diatas meja. Biasanya timbangan ini digunakan di pasar untuk menimbang barang yang dijual.

timbangan meja

4. Timbangan Duduk

timbangan duduk

Mungkin terkesan aneh, ada timbangan duduk. Yang duduk yang ditimbang atau timbangannya yang terlihat seperti duduk ? Sekali lagi, ini hanyalah sebutan saja, bukan satu hal yang telah disepakati secara internasional. Jadi, yang dimaksud timbangan duduk adalah timbangan dimana benda yang ditimbang terkesan didudukkan. Timbangan jenis ini bisa kita temui di toko roti, untuk menimbang bahan – bahan seperti gula, tepung, atau yang lainnya. Dan juga terkadang ada juga timbangan buah yang menggunakan jenis ini.

5. Timbangan Datar

timbangan lantai

Timbangan datar tenar dengan sebutan timbangan lantai. Diberi nama timbangan datar karena bentuknya hampir seperti dataran yang tergeletak di lantai. Timbangan ini biasanya digunakan untuk menimbang benda – benda dengan bobot yang besar seperti paket bervolume besar dan memiliki masa yang berat.

Nah, mungkin semua jenis timbangan yang dikenal di Indonesia khususnya sudah kita sebutkan di artikel ini. Mudah – mudahan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Apabila masih ada jenis lain, silahkan tulis di kolom komentar, agar artikel ini semakin lengkap. Sekian, selamat beraktifitas.


 

Related Posts

About The Author

Add Comment