Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal Alat Deteksi Jantung Janin Fetal Doppler

Fetal Doppler merupakan salah satu peralatan medis yang sering digunakan oleh bidan atau dokter kandungan dalam melakukan pemeriksan kesehatan janin dalam kandungan. Secara fisik bentuk alat ini tidak lah besar, bahkan terkadang ada yang bisa masuk di kantong. Lalu, apa fungsi alat ini ? Pada kesempatan ini kita akan membahasnya lebih lengkap.

Pengertian Fetal Doppler

Sebelum kita membahas jauh tentang alat ini ada baiknya mari kita berkenalan dulu dengan alat ini. Jika kita definisikan fetal doppler adalah alat medis yang digunakan untuk mendeteksi dan memeriksa detak jantung janin yang masih dalam kandungan.  Beberapa jenis fetal doppler telah dikembangkan sehingga dapat digunakan juga untuk bebagai pemeriksaan medis lain.

Fungsi Fetal Doppler

Dari keterangan diatas sudah bisa kita tarik beberapa kesimpulan mengenai apa fungsi alat ini. Fetal doppler memiliki beberapa fungsi penting sebagai berikut :

  • Mendeteksi detak jantung janin dalam kandungan
  • Menghitung detak jantung janin
  • Sebagai alat pemeriksa perkembangan janin hingga usia kelahiran
  • Untuk pemeriksaan Vaskuler (jenis doppler tertentu)

Pada umumnya, alat Fetal Doppler secara umum memiliki fungsi tersebut. Itulah sebabnya kenapa alat ini diberi nama menggunakan kata “fetal” yang berarti janin.

Bagian – Bagian Fetal Doppler

bagian-bagian fetal doppler

Sebuah alat, apapun itu fungsinya, pasti memiliki  bagian – bagian penyusun sehingga alat tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Termasuk juga dengan fetal doppler. Klihatannya memang sederhana, namun alat ini tergolong alat yang cukup canggih karena sudah menggunakan teknologi tranduser ultrasonik. Fetal Doppler standar pada umumnya memiliki bagian – bagian sebagai berikut :

  1. Layar Display (LCD)
  2. Pengatur Volume
  3. Tombol On / Off
  4. Probe ultrasonik
  5. Speaker

Prinsip Kerka Fetal Doppler

prinsip kerja fetal doppler

Diatas kita sudah mengetahui bagian – bagian dari sebuah alat fetal doppler standar. Sekarang, bagaimana prinsip kerja atau cara kerja alat ini ? Alat ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang suara ultra (Ultrasound) yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia. Gelombang ini dapat menembus permukaan kulit, sebagian gelombang dipantulkan dan sebagiannya lagi diteruskan.

Didalam probe Doppler terdapat dua bagian, pemancar dan penerima gelombang. Ketika alat tersebut dihidupkan, maka akan terpancar gelombang ultra dari salah satu bagian probe. Ketika probe diletakkan pada permukaan kulit, maka gelombang tersebut masuk menembus permukaan kulit hingga ke dalam. Sebagian gelombang dipantulkan.

Denyut jantung janin dapat terdeteksi sebagai impuls yang dipantulkan balik menuju probe yang kemudian diterima sebagai sinyal pantung oleh sisi probe yang berfungsi sebagai penerima sinyal. Dari sini kemudian gelombang diperkuat oleh sebuah amplifier di dalam fetal doppler sehingga kita dapat mendengar denyut tersebut. Alat ini juga dibekali dengan mikro prosesor sehingga jumlah denyut per menitnya bisa ditampilkan pada layar LCD.

Cara Menggunakan Fetal Doppler

Apakah orang awam bisa menggunakan fetal doppler ? Alat ini termasuk alat kesehatan yang tidak berbahaya dan tidak mengandung radiasi radio aktif jadi boleh diguanakan oleh siapa saja termasuk anda yang sedang hamil. Fetal doppler ini bisa anda dapatkan di berbagai tempat seperti di toko atau distributor alat kesehatan dimanapun. Cara menggunakannya juga cupu mudah. Berikut contoh penggunaan fetal doppler untuk mendengar detak jantung janin dalam kandungan.

  • Pertama – tama, siapkan alat dan pastikan sudah terisi dengan baterai yang baru
  • Kemudian, olesi perut anda dengan gel ultrasound
  • Kemudian, hidupkan fetal doppler, bisa menggunakan tombol on/off atau memutar pengatur volume hingga berbunyi
  • Tempelkan probe fetal doppler di perut anda, carilah posisi dimana anda dapat mendengar detak jantung (detak ini akan terdengar cukup keras)
  • Anda juga dapat melihat jumlahnya di layar LCD

Nah, itulah seklumit penjelasan mengenai alat kesehatan Fetal Doppler yang sering dikenal sebagai alat pendeteksi detak jantung janin. Sekian, semoga bermanfaat !


 

Related Posts

About The Author

2 Comments

  1. Khafidurrasyd
    October 31, 2019
    • Sentral Alkes
      November 6, 2019

Add Comment