Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal Macam – Macam Alat Oksigenasi Dan Kegunaanya

Alat Oksigenasi merupakan beberapa beberapa macam dari sekian banyak alat – alat kesehatan yang memiliki fungsi untuk membantu proses oksigenasi pada pasien yang membutuhkan. Apa itu Oksigenasi dan apa saja yang termasuk alat bantu untuk Oksigenasi, sekarang kita akan pelajari di sini.

Pengertian Oksigenasi

Salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia yang bebas kita dapatkan adalah oksigen (O2). Unsur ini memiliki peran dan fungsi vital dalam proses metabolisme di dalam tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mempertahankan kelngsungan sel – sel di seluruh tubuh agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengiriman oksigen hingga ke seluruh sel – sel tubuh melalui beberapa mekanisme yaitu Respirasi (pernafasan), Kardio dan juga Hematologi. Respirasi atau pernafasan merupakan peristiwa menghirup udara dari sekitar yang mengandung oksigen (O2) ke dalam tubuh (paru – paru) dan mengeluarkan Karbondioksida (CO2). Proses inilah yang sering diistilahkan sebagai Oksigenasi.

Namun demikian, oksigenasi lebih mengarah pada satu kegiatan pemberian bantuan Oksigen (O2) pada seseorang yang mengalami faktor tertentu sehingga membutuhkan pasokan oksigen dari luar. Hal ini tentu saja terjadi di rumah sakit atau pusat – pusat layanan kesehatan sejenisnya.

Sebelum sampai pada bahasan inti yaitu mengenal macam nama alat Oksigenasi, ada baiknya kita ketahui dulu, beberapa faktor yang membuat seseorang perlu dilakukan tindakan oksigenasi.

Faktor Penyebab Oksigenasi

Ternyata terdapat banyak faktor yang membuat pertolongan Oksigenasi perlu dilakukan. Berikut ini beberapa diantaranya

  • Penurunkan kapasitas Oksigen (O2)
  • Penurunan tekanan darah yang disebabkan karena Hipovolemia sehingga terjadi kekurangan Oksigen (O2)
  • Infeksi, demam, terluka, ibu hamil dan hal lain yang berakibat pada meningkatnya metabolisme tubuh secara berlebihan
  • Bayi prematur
  • Resiko infeksi saluran penafasan akut
  • Olahraga yang berlebihan sehingga kelelahan
  • Kecemasan yang berlebih sehingga meningkatkan metabolisme
  • Polusi udara di lingkungan yang kotor
  • Ketinggian tempat dan juga suhu lingungan yang ekstrim

Nah itulah beberapa hal yang merupakan faktor – faktor oksigenasi. Namun sering kita melihat di rumah sakit tidak semua orang menggunakan alat oksigenasi. Hal ini karena memang dokter tidak menemukan faktor yang membuat seorang pasien membutuhkan pertolongan oksigenasi.

Macam Alat – Alat Oksigenasi

Nah, sekarang dalam proses Oksigenasi tentau saja akan menggunakan beberapa peralatan atau instrument yang secara umum terdiri dari berbagai macam alat – alat kesehatan.

# Tabung Oksigen

Mungkin anda tidak asing lagi dengan yang satu ini. Tabung Oksigen cukup sering kita lihat dibanyak tempat. Tidak hanya di rumah sakit dan klinik, bahkan di toko ikan pun sering kita melihatnya. Tabung Oksigen merupakan salah satu macam alat oksigenasi. Fungsinya adalah menyimpan atau sebagai tempat penampungan unsur Oksigen (O2) murni yang akan digunakan dalam proses oksigenasi.

Tabung ini terbuat dari besi yang sangat kokoh karena Oksigen di dalamnya ditekan dengan tekanan yang cukup besar. Hal ini agar tabung dapat menyimpan Oksigen (O2) dalam jumlah yang banyak. Terdapat banyak ukuran tabung oksigen di pasaran. Ada ukuran besar, sedang dan juga kecil yang biasa digunakan di rumah.

# Regulator Oksigen

Masih satu paket dengan tabung oksigen. Regulator oksigen juga dibutuhkan untuk mengatur keluarnya oksigen dari dalam tabung. Hal ini karena tekanan oksigen yang keluar dari dalam tabung sangatlah besar. Regulator ini berfungsi untuk mengatur laju aliran oksigen dari dalam tabung sehingga aman digunakan untuk proses Oksigenasi.

# Masker Oksigen

Tentu anda tidak asing mendengar kata masker. Namun untuk masker oksigen tidak banyak orang mengetahuinya. Masker ini biasanya terbuat dari bahan yang lentur, entah itu silikon atau PVC kualitas medis. Bening dan tembus pandang. Masker ini berfungsi untuk menghirupkan oksigen dari tabung menuju ke saluran pernapasan yaitu hidung dan mulut.

Ada beberapa macam jenis masker oksigen yang digunakan dalam proses Oksigenasi. Masing – masing memiliki fungsi yang berbeda – beda. Simple Face Mask, Rebreathing Mask, Non Rebreathing Mask. Selain masker ada alat lain yang memiliki peranan yang sama seperti Masker Oksigen. Selang ini sering disebut dengan Nasal Kanula.

  • Nasal Kanula
    macam alat oksigenasi
    Nasal Kanula tidak serupa dengan masker, karena hanya berbentuk selang dengan dua lubang yang dimasukkan ke dalam hidung. Alat ini hanya bisa memberikan oksigenasi dengan konsentrasi oksigen antara 20 % hingga 40% dan laju aliran 1 hingga 6 liter/menit.
  • Simple Face Mask (Masker Oksigen Simpel)
    macam alat oksigenasi
    Yang palin umum digunakan dalam proses oksigenasi yaitu menggunakan masker oksigen yang simpel. Masker ini menutup mulut dan hidung. Dilengkapi dengan lubang agar proses ekspirasi lebih mudah. Maskeri ini umumnya mengalirkan oksigen dengan konsentrasi 40 % hingga 60 % dengan aliran 5 hingga 8 liter/menit.
  • Rebreathing Mask
    alat oksigenasi dan fungsinyaBerbeda dengan simple face mask, masker oksigen yang satu ini dapat mengalirkan oksigen dengan konsentrasi 60% hingga 80%. Sedangkan laju alirannya antara 8 hingga 12 liter/menit. Rebreathing mask dilengkapi dengan kantong udara yang akan mengembang baik saat inspirasi maupun ekspirasi. Namun kekurangannya adalah sebagian udara inspirasi tercampur dengan udara ekspirasi sehingga CO2 nya lebih tinggi.
  • Non Rebreathing Mask
    macam alat oksigenasiMasker ini sekilas hampir mirip dengan Rebreathing Mask karena sama – sama memiliki kantong udara. Namun terdapat perbedaan yang terletak pada katup yang berjumlah 2. Sehingga udara inspirasi dan ekspirasi tidak bercampur. Alat ini dapat mengalirkan oksigen 80% hingga 100% dengan laju aliran 10 hingga 12 liter/menit.

# Oksigen Concentrator

Mungkin anda sedikit asing dengn istilah oksigen concentrator. Apa itu oksigen concentrator ? Ini adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghasilkan oksigen murni yang dapat dimanfaatkan langsung sebagai alat oksigenasi. Alat ini bekerja dengan cara mengambil udara di sekitarnya kemudian menyaring serta mereduksi gas – gas lain sehingga menghasilkan oksigen murni yang siap digunakan.

Nah itulah beberapa macam alat – alat oksigenasi yang biasanya digunakan di berbagai tempat pelayanan medis khususnya rumah sakit dan klinik. Sekian, semoga bermanfaat !

Baca juga : Mengenal macam – macam alat bantu pernafasan


 

Related Posts

About The Author

Add Comment