Mengenal 3 Jenis Ala Kesehatan Dan Contohnya Berikut Penjelasannya

Alat kesehatan dan fungsinya menjadi salah satu pembahasan yang menarik karena ada begitu banyak item alat yang memiliki fungsi berbeda – beda. Alat medis atau alat kesehatan memang tidak banyak diketahui oleh semua orang. Kebanyakan hanya orang – orang yang berkecimpung di dalam dua medis saja yang banyak mengetahuinya, itupun tidak semua alat diketahui.

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba untuk berbagi melalui tulisan ini tentang beberapa macam alat kesehatan, meliputi jenisnya, disertai dengan item contohnya lengkap dengan penjelasan fungsinya masing – masing. Namun sebelumnya, sudahkah anda mengetahui definisi yang benar mengenai alat kesehatan ini ? Sebagian besar pasti belum, oleh karena itu sebelum masuk pada topik utama kita, yuk kita bahas dulu seklumit definisi atau pengertian alat kesehatan.

Pengertian Alat Kesehatan

Ada yang tahu apa pengertian alat kesehatan ? Menurut Permenkes RI nomor 1191 tahun 2010 definisi alat kesehatan yaitu instrument, aparatus, mesin,implan yang tidak mengandung unsur obat – obatan, berfungsi atau digunakan untuk mencegah, mendiagnosa, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan manusia dan untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.

Nah itulah definisi atau pengertian alat kesehatan yang kita yakini kebenarannya karena bersumber dari Peraturan Menteri Kesehatan di negara kita. Untuk memudahkan pembahasan kita mengenai alat alat kesehatan beserta fungsinya, kita akan spesifikasikan alat kesehatan menjadi tiga jenis. Sebgaimana yang termaktub dalam Permenkes Nomor 118 tentang Kompendium Alat Kesehatan. Yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik dan Diagnostik In Vitro.

Dengan dasar ini kita akan lebih mudah mengklasifikasikan dan menyebutkan contoh alat kesehatan dan fungsinya besrta dengan gambarnya. Baiklah, mungkin anda sudah tidak sabar ingin mengetahui lebih dalam mengenai tiga jenis alat kesehatan tersebut, langsung saja kita bahas satu persatu disertai dengan contohnya.

3 Jenis Alat Kesehatan Dan Fungsinya Berikut Penjelasan Dan Contohnya

1. Alat kesehatan Elektromedik

Elektromedik berasal dari dua suku kata yaitu Elektro yang bermakna (sesuatu yang berhubungan dengan elektronika/listrik) sedangkan medik/medis adalah kesehatan. Jadi kita bisa definisikan bahwa alat Elektromedik adalah instrumnet kesehatan yang sistem kerjanya menggunakan prinsip elektronik, atau mengandung unsur kelistrikan. Untuk lebih jelasnya kita akan sebutkan contoh alat kesehatan elektromedik besrta pengertian dan fungsinya.

# Defibrillator

alat kesehatan dan fungsinya

Membahas tentang alat kesehatan dan fungsinya akan kurang apabila tidak menyebutkan contoh alatnya. Defibrillator adalah sebuah alat medis yang berfungsi sebagai stimulator detak jantung pada pasien yang mengalami gangguan jantung dengan memanfaatkan energi listrik tegangan tinggi dalam kadar yang sudah ditentukan. Energi listrik disengatkan melalui bantalan elektroda (seperti setrika) ke dada pasien untuk mengejutkan jantung.

# ECG/EKG (Elektrokardiograf)

alat kesehatan dan fungsinya

Elektrokardiograf (EKG) adalah alat elektromedik yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan terhadap aktivitas kelistrikan jantung. Alat ini juga sering disebut dengan istilah alat rekam jantung. ECG bekerja dengan sistem elektronik dengan mengubah signal listrik jantung menjadi grafik tegangan terhadap waktu yang tersaji dalam selembar kertas milimeter blok yang disebut dengan Elektrokardiogram. Pemeriksaan ECG berguna untuk mendiagnosa ada tidaknya kelainan pada jantung manusia.

# Pasien Monitor

alat kesehatan dan fungsinya

Ada banyak nama alat kesehatan yang tidak kita ketahui secara lengkap. Atau memang ada nama lain yang digunakan orang. Seperti alat yang satu ini. Pasien monitor terkadang disebut juga dengan bedside monitor. Pasien monitor adalah sebuah alat medis yang berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan pasien secara realtime yang dapat dilihat dari monitor.

Alat ini biasanya diletakkan di atas bedside atau di troli khusus serta berada di ruang ICU rumah sakit. Parameter yang dipantau di dalam monitor ini diantaranya grafik EKG, tekanan darah, suhu tubuh, kadar oksigen, dan beberapa yang lainnya.

2. Alat Non Elektromedik

Kita tinggalkan alat Elektromedik dan kita lanjutkan bahasan tentang alat alat kesehatan beserta fungsinya dengan jenis atau macam alat kesehatan yang ke dua yaitu Alat Kesehatan Non Elektromedik. Kalau kita lihat dari namanya, sama persis dengan alat yang pertama kita bahas hanya saja terdapat kata Non yang bermakna tidak.

Dari sini kita bisa definisikan bahwa alat non elektromedik adalah alat medis yang tidak berhubungan dengan listrik atau elektronik. Tidak perlu panjang lebar, saya yakin anda sudah memahaminya. Langsung saja kita sebutkan beberapa contoh alat non elektromedik berikut dengan penjelasan dan fungsinya.

# Tensimeter Manual

alat kesehatan dan fungsinya

Secara umum tensimeter bisa kita masukkan ke dalam alat elektromedik dan non elektromedik. Mengapa demikian ? Karena ada dua jenis tensimeter yaitu digital dan manual. Khusus tensimeter manual kita masukkan ke dalam kategori atau jenis alat kesehatan non elektromedik.

Tensimeter sebagaimana kita ketahui, adalah alat kesehatan yang berfungsi sebagai pengukur tekanan darah. Tensimeter manual itu sendiri juga memiliki dua macam jenis yaitu tensi air raksa dan tensimeter aneroid (jarum).

# Disposable Syringe

alat kesehatan dan fungsinya

Sebagian orang awam akan bingung dengan nama alat kesehatan ini. Namun apabila sudah melihat gambar alat kesehatan tersebut, anda pasti tahu dan mengenal dekat alat ini. Syringe Disposable adalah alat suntik yang sering disebut dengan istilah spet atau spuit.

Alat ini berfungsi untuk memberikan cairan obat kepada pasien langsung ke dalam pembuluh darah dengan cara disuntikkan. Alat ini terdiri dari tiga bagian, jarum, tabung berskala dan juga alat pemompa (pump). Spet digunakan hanya sekali dan setelah itu dibuang menjadi sampah medis.

# Infusion Set/ Infus Set (Alat Infus)

alat kesehatan dan fungsinya

Infus set mungkin merupakan nama alat kesehatan dan fungsinya yang kebanyakan orang mengetahuinya. Jika kita melihat orang dirawat di rumah sakit, alat ini selalu terpasang di lengkap pasien atau sekarang di bagian punggung telapak tangan pasien. Infus set terdiri dari jarum infus, selang infus dan pengatur laju aliran.

Fungsi infus set yaitu untuk memasukkan cairan infus berupa vitamin dan cairan tubuh ke dalam tubuh pasien langsung ke pembuluh darah. Tujuan pemasangan alat ini adalah untuk menopang kebutuhan cairan pasien ketika dalam perawatan dan pemulihan kesehatan di rumah sakit.

3. Produk Diagnostik In Vitro

Anda boleh bertanya tentang alat kesehatan yang satu ini dan fungsinya. Karena memang alat ini tidak terlalu banyak dikenal. Namun sekarang, setelah anda membaca pembahasan alat alat kesehatan dan fungsinya ini, anda akan mengetahuinya. Alat diagnostik in Vitro adalah alat medis yang memiliki fungsi spesifik yaitu sebagai alat diagnosis penyakit pasien. Masih belum jelas, berikut ini beberapa contoh produk – produk diagnostik yang banyak digunakan di rumah sakit dan klinik.

# Alat Cek Darah Portable

alat kesehatan dan fungsinya

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, alat – alat medispun bisa dibuat menjadi portable. Tidak hanya komputer saja yang bisa portable. Kita mengenal istilah multi check atau alat cek darah yang bisa kita lakukan sendiri tanpa harus ke rumah sakit atau klinik. Biasanya alat ini bisa digunakan untuk mengecek tiga macam parameter yaitu glukosa (gula darah), kolesterol dan juga asam urat. Alat kecil ini tergolong ke dalam produk diagnostik in vitro meskipun alat ini bekerja dengan menggunakan arus listrik.

# Urine Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Macam alat kesehatan yang tergolog diagnostik in vitro cukup banyak. Salah satunya yaitu Urine Analyzer. Dari nama alatnya saya yakin anda sudah bisa menyimpulkan pengertian dan fungsi alat ini. Urine Analyzer yaitu alat medis yang berfungsi untuk menganalisa urine (air seni). Mengapa dilakukan analisa terhadap air seni ?

Urine termasuk hasil sekresi manusia yang mengandung beberapa zat kimia. Dengan analisa tersebut dokter bisa mendapatkan sebuah diagnosa tentang kemungkinan penyakit yang diderita pasien. Tidak hanya itu, dengan analisa urine pihak kepolisian bisa menemukan pemakai narkoba dan obat – obatan terlarang melalui hasil periksa tersebut.

# Hematology Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Terkadang satu penyakit hanya bisa diketahui dengan pasti apabila dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi atau jumlah sel – sel darah. Di sinilah pernanan sebuah alat diagnostik in vitro, yaitu sebagai alat untuk analisa satu zat seperti sel – sel darah. Hematology Analyzer merupakan satu alat yang beperan penting dalam kasus ini. Dengan hematology Analyzer ini bisa diketahui jumlah sel – sel darah lengkap dengan batasan normalnya. Sehingga dapat diketahui secara jelas dimana faktor yang menyebabkan satu penyakit pasien tersebut.

3 jenis atau macam macam alat kesehatan dengan 9 contoh masing – masing dalam pembahasan ini hanyalah sebagian kecil saja yang bisa kita sebutkan. Sejatinya, ada banyak sekali nama alat kesehatan dan fungsinya yang belum kita ketahui diluar sana. Namun kiranya pembahasan ini cukup memberikan pengertian dan menambah wawasan kita mengenai macam – macam alat kesehatan dan fungsinya yang umum ditemui di rumah sakit dan klinik. Sekian, semoga bermanfaat. Dan terus ikuti informasi seputar alat kesehatan di blog sentralalkes.com

Related Posts

About The Author

Add Comment