"> Beberapa Macam Alat Homogenisasi Yang Sebaiknya Anda Tahu Beberapa Macam Alat Homogenisasi Yang Sebaiknya Anda Tahu

Mengenal Beberapa Macam Alat Homogenisasi

Homogenisasi merupakan kata yang berakar dari kata Homogen yang berarti menjadi satu, seragam, atau dapat kita istilahkan dengan campur. Oleh sebab itu, Homogenisasi dapat kita artikan sebagai tindakan yang dilakukan untuk membuat sesuatu menjadi satu atau bercampur.

Homogenisasi dikenal dalam dunia penelitian yang berhubungan dengan ilmu eksak bidang kimia dan biologi. Meskipun demikian, sekarang sudah merambah di berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, industri dan kedokteran (medis).

Istilah ini sangatlah familiar dalam dunia laboratorium karena memang kegiatan Homogenisasi umumnya dilakukan di laboratorium. Mencampurkan satu cairan dengan zat atau cairan yang lainnya untuk mencapai keadaan tercampur atau homogen.

Seiring dengan perkembangan zaman, Homogenisasi dilakukan dengan berbagai macam metode. Seperti memutar, mengaduk, mengocok (shake) dan lain sebagainya. Untuk melakukan manufer tersebut dibuatlah berbagai macam instrumen pembantu yang bisa kita sebut dengan Alat Homogenisasi. Alat ini merupakan bagian dari macam – macam alat laboratorium yang sudah kita bahas panjang lebar di artikel yang telah lalu.

Beberapa Macam Alat Homogenisasi Yang Digunakan Dalam Dunia Laboratorium

Sebagaimana sudah kita sebutkan dimuka, ada beberapa metode yang digunakan dalam proses Homogenisasi. Oleh karena itulah ada beberapa macam atau jenis alat homogenisasi yang umum digunakan di laboratorium baik di bidang biologi, kimia dan juga kedokteran.

1. Vortex Mixer

alat homogenisasi

Untuk anda yang berkecimpung dalam dunia analis atau teman – teman yang sekarang sedang menempuh pendidikan sebagai calon analis tentunya sangat familiar dengan alat ini. Dari kata Mixer kita sudah dapat menyimpulkan bahwa alat tersebut termasuk dalam golongan alat homogenisasi.

Hampir semua alat homogenisasi memiliki sistem mekanisasi dengan prinsip memutar, berayun, shaker, dalam posisi orbital ataupun horisontal. Untuk Vortex Mixer, sistem geraknya adalah berosilasi dengan amplitudo yang tidak terlalu besar namun dengan kecepatan yang tinggi. Umumnya alat Vortex Mixer memiliki kecepatan 2800 rpm.

Vortex Mixer memiliki keterbatasan fungsi, yakni hanya digunakan untuk mencampurkan larutan dalam satu tabung dengan cara digenggam oleh pengguna. Tabung diletakan atau ditempelkan (sedikit ditekan) pada area getaran yang membuat cairan di dalam tabung bergetar seperti pusaran.

Dengan mekanisme inilah zat – zat yang berada di dalam tabung akan tercampur dan menjadi homogen. Untuk mengenal lebih detail mengenai alat ini. Kita akan membahasnya pada kesempatan khusus secara terperinci.

2. Orbital Shaker

alat homogenisasi

Alat Homogenisasi berikutnya dinamakan dengan Orbital Shaker. Sesuai dengan namanya, alat ini mencampur dengan mekanisme sistem gerakan orbital (melingkar). Bayangkan anda memegang sebuah nampan berisi kacang kemudian nampan tersebut anda gerakan memutar dengan tumpuan pada siku anda.

Nah, seperti itulah proses kerja alat Orbital Shaker. Alat ini memiliki sebuah area putar yang cukup lebar. Memang alat ini didesain untuk memutar gelas kimia (Beaker Glass) atau dapat juga labu erlenmeyer.

Sebagian jenis (model/tipe) alat ini dilengkapi dengan pelindung tabung yang dapat digunakan untuk mempertahankan tabung saat digerakan dengan kecepatan putar yang cukup tinggi. Orbital shaker mencampurkan larutan dengan cara menggoyang (shake) pada arah orbital.

3. Magnetic Stirrer

alat homogenisasi

Melihat kata “Stirrer” anda tentu sudah dapat menyimpulkan bagimana proses kerja atau gerakan alat ini. Ya, sebagaimana makna kata “Stirrer” alat ini juga berfungsi untuk mencampurkan cairan (larutan) bahan kimia dengan cara mengaduk.

Komponen alat ini dilengkapi dengan sebuah statif dengan batang pengaduk di bagian ujungnya (menggantung). Pengaduk “Stirrer” tersebut yang digunakan untuk mengaduk larutan.

Alat Homogenisasi yang satu ini juga memiliki sebuah plate yang digunakan untuk meletakkan wadah (Beaker Glass) yang berisi zat yang akan diaduk. Plate ini dilengkapi dengan pemanas yang dapat diatur suhunya.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa Magnetic Stirrer memiliki sistem mekanisasi mengaduk dengan menggunakan batang pengaduk yang mengandung magnet dan sekaligus dapat meningkatan atau mengatur suhu larutan dengan menggunakan plate pemanas.

4. Roller Mixer

roller mixer

Menggunakan nama yang sama dengan vortex mixer, hanya saja menggunakan istilah Roller. Dengan demikian kita dapat pastikan alat ini memiliki sistem kerja yang berbeda dengan Vortex Mixer. Memang demikian.

Sesuai dengan nama yang digunakan, roller mixer bekerja dengan sistme memutar. Alat ini juga memiliki keterbatasan. Yakni hanya digunakan untuk objek tabung. Memutar tabung secara terus – menerus dengan waktu dna kecepatan tertentu akan membuat zat cair di dalamnya tercampur merata. ‘

Selain memutar, roller mixer juga bergerak dengan pola “Swing” atau berayun.

Anda dapat melihat gambar alat ini memiliki konstruksi berupa pipa dengan panjang dan ukuran tertentu tersusun secara berjejeran. Tabung diletakan diantara dua pipa. Pada saat alat ini dijalankan, pipa – pipa tersebut akan berputar dan berayun. Dengan gerakan tersebut, tabung yang diletakkan diatasnya akan berputar sehingga zat yang terdapat didalamnya menjadi tercampur (homogen).

5. Rotator Klasik

alat homogenisasi

Alat Homogenisasi yang cukup klasik yang awalnya digunakan untuk mencampur darah dengan zat anti beku sekarang sudah digantikan dengan menggunakan roller mixer. Namun demikian, alat ini juga termasuk ke dalam golongan gomogenizer seperti yang sedang kita bahas pada saat ini.

Kalau kita perhatikan, alat ini hampir mirip sekali dengan kincir. Terdapat tabung di seluruh bagian bidang putarnya.

Ketika alat tersebut berputar, zat cair yang terdapat di dalam tabung terkocok naik turun. Karena berlangsung dalam waktu tertentu dan dengan kecepatan tertentu maka zat yang terdapat di dalam tabung dapat tercampur secara merata.

Nah, itulah sekilas pembahasan singkat tentang beberapa macam atau jenis Alat Homogenisasi yang banyak digunakan dalam laboratorium di berbagai bidang. Baik biologi, kimia ataupun dalam dunia medis. Sekian, semoga bermanfaat


 

Related Posts

About The Author

Add Comment