Cari Tahu Lebih Detail Tentang Alat CPAP Dan Fungsinya

Saluran pernapasan Anda terdiri dari hidung, mulut, dan tenggorokan, yang memungkinkan aliran udara yang membawa oksigen masuk ke dalam paru-paru dan mengeluarkan karbondioksida dari paru-paru manusia. Pada orang dengan obstructive sleep apnea saluran pernapasan mengalami penyempitan atau menutup sepenuhnya sehingga memblokir aliran udara pada organ pernapasan.

Mesin CPAP bekerja dengan memberikan aliran udara bertekanan melalui selang ke hidung dan/atau mulut sehingga saluran pernapasan tetap terbuka dan masuk ke aliran udara. Tekanan udara yang diberikan tergantung pada tingkat keparahan sleep apnea yang Anda miliki atau di derita. Tekanan yang diperlukan biasanya ditentukan oleh dokter setelah meninjau studi semalam atau disebut (polysomnography) di laboratorium tidur di bawah pengawasan dokter.

Pengertian Alat CPAP

Continuous Positive Airway Pressure atau biasa disebut alat CPAP merupakan alat kesehatan yang biasanya digunakan oleh orang yang memiliki masalah pernapasan, atau alat bantu nafas. Contohnya untuk penderita sleep apnea yang dialami oleh beberapa orang. Perlu Anda ketahui, bahwa CPAP adalah pengobatan non-bedah yang paling efektif untuk obstructive sleep apnea dan merupakan pengobatan pilihan pertama serta paling banyak digunakan untuk orang yang sudah dewasa. Sleep apnea adalah gangguan tidur dimana terdapat jeda dalam bernapas pada manusia.

Fungsi Alat CPAP

fungsi alat cpap

Continuous Positive Airway Pressure atau alat CPAP adalah sebuah alat kesehatan yang digunakan untuk mengatasi masalah gangguan pernapasan khususnya sindroum Sleep Apnea yang diderita seseorang. Alat ini bekerja dengan cara memasukan aliran udara bertekanan melalui selang ke dalam hidung atau mulut agar gangguan penyempitan saluran napas yang dialami dapat diatasi dengan baik karena akan tetap terbuka dengan adanya tekanan positif atas alat CPAP tersebut.

Pada umumnya fungsi alat CPAP adalah sebagai berikut:

  • Untuk menjaga jalan napas terbuka saat Anda tidur
  • Untuk meningkatkan kualitas tidur
  • Terapi gangguan sleep apnea
  • Menghilangkan dengkuran yang berlebihan
  • Untuk meningkatkan kualitas tidur
  • Penanganan bayi premature di Ruang NICU

Cara Kerja Alat CPAP

cara kerja alat cpap

Tahukah anda sebenarnya bagaimana cara kerja alat CPAP ini ? Pada dasarnya alat ini didesain secara kompleks namun apabila kita perhatikan cara kerjanya cukup sederhana. Pada gangguan Sleep Apnea, saluran pernapasan tertutup karena mengendurnya rahang bagian belakang yang akhirnya membuat pertukaran udara tidak lancar. CPAP bekerja dengan memberikan tekanan udara masuk melalui saluran ini, dengan begitu dalam kondisi tertidur saluran nafas tetap terbuka. Sehingga gangguan pernapasan dapat diatasi.

Bagian-Bagian Alat CPAP

Alat bantu nafas CPAP (Continuous Positive Air Pressure) tentu saja memiliki bagian – bagian atau komponen penting yang membuatnya dapat bekerja menyelesaikan masalah dengan optimal. Setidaknya ada beberapa bagian yang ada pada Instrument CPAP :

  • Sebuah masker (atau perangkat lain) yang cocok di hidung dan/atau mulut seseorang. Serta tali yang menjaga masker di tempat saat Anda sedang menggunakannya.
  • Sebuah tabung yang menghubungkan masker untuk motor mesin pada alat CPAP.
  • Sebuah motor yang meniupkan udara ke dalam bagian tabung alat cpap.
  • Beberapa mesin CPAP juga memiliki fitur lain, seperti humidifier.

Ada banyak jenis masker CPAP yang beragam. Dan jenis mesin PAP pun bermacam-macam seperti: BiPAP (Bilevel Positive Airway Pressure) dan VPAP (Variabel Positive Airway Pressure) dengan fungsi yang berbeda. Oleh sebab itu, biarkan dokter Anda tahu jika Anda tidak puas dengan jenis yang Anda gunakan dan menjelaskannya dengan dokter.

Dokter Anda mungkin menyarankan beralih ke jenis yang berbeda yang mungkin bekerja lebih baik untuk Anda dan cocok dalam penggunannya. Segera konsultasikan dengan dokter Anda, bila Anda memiliki gangguan tidur seperti sleep apnea dan tentukan alat kesehatan yang sesuai dan juga cocok untuk Anda. Ingat bahwa sleep apnea adalah gangguan tidur kronis, yang tidak hanya mengganggu Anda namun juga rekan tidur Anda yaitu keluarga atau pasangan Anda.

masker cpap

Instrument kesehatan atau alat kesehatan CPAP ini terdiri dari beberapa bagian penyusunnya yang berbeda-beda. Alat CPAP ini didesain dengan sedemikian rupa menyesuaikan dengan kenyamanan pasien karena akan digunakan saat tidur, terutama masker yang digunakan. Ada beberapa jenis masker yang digunakan diantaranya yaitu:

  • Masker hidung (Hampir mirip seperti masker oksigen)
  • Masker mulut ( Masker yang biasa dipakai di mulut)
  • Masker kombinasi ( Masker yang bisa dipakai baik di hidung atau di mulut)

Adakah Efek Samping dari Penggunaan Alat CPAP ?

Alat CPAP tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi pengguna atau penderita sleep apnea. Mungkin Anda mengira pemberian tekanan dapat mengganggu paru – paru, bahkan lama kelamaan akan membuat paru – paru pecah dan berakibat fatal. Anda tidak perlu khawatir, alat CPAP ini dilengkapi dengan pengatur tekanan yang memiliki batas tertentu hanya untuk menjaga agar saluran pernafasan tetap terbuka dan bekerja dengan normal. Maka tidak akan berbahaya untuk paru – paru Anda.

Tempat Jual Alat CPAP

Banyak distributor resmi alat kesehatan yang menjual alat CPAP. Anda dapat membelinya baik secara ofline maupun online namun disarankan untuk membeli langsung di distributor resmi alat CPAP. Namun apabila akan Anda gunakan sendiri, Anda harus konsultasikan segala kebutuhan dan spesifikasi alatnya dengan dokter yang lebih paham mengenai alat ini. Atau biasanya dokter akan merekomendasikan untuk Anda apabila Anda dirasa membutuhkan alat CPAP untuk penyakit ini.


 

Related Posts

About The Author

Add Comment