Ketahui Beberapa Macam Alat Bantu Sesak Napas Berikut Ini

Ketika paru-paru tidak mendapatkan cukup pasokan udara, Anda akan merasa sesak nafas atau kesulitan bernapas yang kemudian pada kkibatnya, napas Anda jadi cepat, dangkal, dan dada pun terasa nyeri seperti ada yang melilit pada tubuh Anda. Semua sensasi melemahkan ini adalah gejala sesak nafas dan bisa diakibatkan sejumlah masalah kesehatan dalam tubuh Anda, Namun saat ini lebih mudah saat menghadapi keluhan sesak nafas, karena sudah terdapat Alat bantu untuk sesak nafas yang dapat membantu mengatasi sesak nafas.

Pengertian Alat Bantu Pernapasan

Alat bantu sesak nafas adalah alat yang umumnya digunakan di dalam rumah sakit untuk membantu penafasan pasien, membantu mengantarkan oksigen ke paru-paru pasien, mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh pasien, dan sebagai alat pernafasan bagi pasien yang kehilangan kemampuan untuk bernafas.

Nama Alat Bantu Pernafasan Untuk Sesak Nafas dan Fungsinya

Berikut ini beberapa daftar alat bantu pernapasan atau alat bantu sesak nafas baik yang bisa anda gunakan dirumah atau tersedia di rumah sakit, lengkap dengan penjelasannya :

1. Tabung dan regulator oksigen

alat bantu nafas

Tabung oksigen punya kemampuan untuk mengubah air menjadi suatu oksigen. Oksigen lantas dialirkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien, bisa melalui hidung atau mulut pasien ke paru-paru. Tabung oksigen juga biasanya memiliki regulator oksigen yakni Regulator oksigen adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan oksigen yang diberikan kepada pasien tersebut. Pasalnya, oksigen yang berasal dari tabung memiliki tekanan yang tinggi, sehingga perlu diatur agar aman penggunaannya bagi pasien.

Fungsi utama tabung oksigen yaitu berfungsi sebagai tempat yang menyimpan oksigen ke tubuh. Tabung oksigen digunakan sebagai media fasilitas pertama jika terdapat seseorang yang mengalami sesak nafas, asma atau orang yang mengalami gangguan saluran pernapasan. Dengan tersedianya tabung oksigen disamping pasien, tentunya akan sangat membantu jika sewaktu-waktu dibutuhkan tindakan medis yang cepat.

Alat ini juga cukup banyak digunakan untuk dirumah karena bisa sebagai alat pertolongan pertama jika merasa pernapasan nantinya terganggu. Dalam penggunaan tabung oksigen, dibutuhkan alat bantu tambahan yaitu selang oksigen, masker oksigen dan regulator oksigen sebagai penghubungnya.

Prinsip Kerja Regulator Oksigen

Regulator gas oksigen ini adalah peralatan yang dibutuhkan dalam penggunaan tabung pada oksigen. Alat ini digunakan untuk menstabilkan tekanan gas keluar dari tabung dan mengatur jumlah pemberian oksigen pada pengguna pasien. Alat ini di pasang pada bagian katup tabung oksigen yang kemudian di atur agar jumlah keluarnya oksigen sesuai dengan kebutuhan pasien.

Dalam alat ini juga terdapat sebuah indikator jarum yang menunjukan volume atau isi oxygen didalam tabung oksigen. Dengan menggunakan regulator ini, proses oxygenasi dapat berlangsung aman dan juga efektif. Pengaturan regulator medis ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun juga tidak hanya dokter. Penggunaan alat ini sangat penting untuk mengatur keluaran oksigen saat penggunaan. Oksigen yang dikeluarkan nanti melewati regulator oksigen.

Kemudian pada regulator oxygen yang biasanya dipasang pada mulut tabung, dipasang juga selang yang menuju ke hidung pasien atau masker oksigen ke pasien. Regulator oksigen sangat dibutuhkan dalam pemberian oksigen karena tanpa regulator oksigen kita tidak dapat mengatur tekanan udara oksigen yang akan kita hirup nanti.

2. Tabung oksigen portable

alat bantu pernafasan

Berbeda dengan tabung oksigen yang ukurannya besar, oksigen portable dikemas dalam tabung dengan ukuran kecil. Oksigennya tersedia dalam bentuk gas dan oksigen portable dijual bebas sehingga Anda bisa membelinya di apotek atau toko obat terdekat yang dapat Anda beli langsung. Tabung oksigen ini mudah dibawa ke mana pun dan praktis.

3. Oxygen concentrator

macam alat bantu perafasan

Oxygen concentrator adalah alat yang bekerja menghasilkan oksigen murni dari udara bebas yang kemudian alat bantu pernapasan ini biasa digunakan untuk orang dengan gangguan pernapasan seperti asma. Alat ini digunakan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah ke tubuh pasien.

Fungsi Mesin Oksigen Concentrator adalah untuk membantu pasien masalah pada pernapasan, termasuk mencairkan dahak pada tenggorokan yang sulit untuk dikeluarkan, melancarkan peredaran darah, menghancurkan lemak yang tidak dibutuhkan, membantu metabolisme tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, membuang toksin di dalam darah, mengaktifkan sel pada otak serta menghilangkan rasa lelah dan tegang pada tubuh, serta meremajakan kulit untuk memperlambat proses penuaan dini dan fungsi lainnya.

4. Oximeter

oksimeter

Oximeter adalah alat bantu pernapasan yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam darah tubuh. Bentuknya unik layaknya seperti jam tangan. Alat ini dihubungkan dengan sensor yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen pada jari-jari pasien.

Manfaat Oximeter

Bagi Pendaki Gunung. Bagi seorang pendaki tentu sudah pernah mengalami pingsan tiba – tiba. Penyebab utamanya adalah tekanan udara pada daerah ketinggian dapat mengakibatkan persediaan oksigen yang semakin kecil. Itulah sebabnya seorang pendaki gunung mengalami sesak nafas, sukar bernafas dan berakibat pingsan.

Bagi Pilot. Sering mengalami HIPOKSIA atau gejala yang timbul akibat kekurangan oksigen dalam tubuh. Indikasi yang sering muncul pada seorang pilot adalah penglihatan menjadi buram disertai dengan pusing yang dirasakannya. Oximeter adalah salah satu cara untuk mendeteksi kadar oksigen dalam tubuh dan sebagai penanganan awal bagi penderita hipoksia.

Bagi Penderita Jantung. Orang yang sedang mengalami gagal jantung dapat di monitoring selalu kesehatannya melalui penggunaan oximeter. Pasokan udara sangat penting untuk mencukupi kinerja pada organ jantung.

5. Nebulizer

macam alat bantu pernafasan

Nebulizer adalah alat yang berfungsi untuk mengubah obat asma yang berbentuk cair menjadi bentuk gas. Gas ini akan dialirkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien. Dengan kata lain, alat ini memiliki kemampuan untuk menembakkan langsung obat asma menuju organ target, yaitu organ paru-paru. Tentu saja, ini menyebabkan efeknya akan lebih cepat terasa oleh pasien.

6. CPAP

alat bantu nafas cpap

CPAP adalah singkatan dari Continous Positive Airway Pressure yang digunakan bagi pasien penderita sleep apnea. Orang dengan sleep apnea memiliki kesulitan bernapas saat tidur yang disebabkan karena adanya penyumbatan saluran pernapasan ataupun tidak stabilnya pusat kendali pernapasan pada tubuh manusia.

Bagaimana alat bantu pernapasan ini bekerja bagi pasien? CPAP bekerja dengan mengontrol tekanan udara yang konstan sehingga bisa membuat saluran pernapasan tetap terbuka dan Tekanan udara yang dihasilkan disalurkan melalui topeng yang dikenakan orang dengan sleep apnea saat ia tidur dengkuran saat tidur akan berkurang nantinya. Dengkuran biasanya terjadi karena getaran jaringan di dalam tenggorokan pasien.

7. Air cleaner

alat bantu pernafasan

Air cleaner atau air purifiers digunakan untuk meningkatkan kualitas udara disekitar. Alat ini bisa diletakkan di rumah ataupun di kantor Anda karena biasanya, alat ini digunakan jika Anda atau anggota keluarga memiliki gangguan pernapasan seperti asma, emfisema, atau alergi maka air cleaner cocok digunakan. Alat ini juga baik digunakan untuk orang yang tinggal di area dengan kualitas udara buruk, polusi udara yang tinggi, atau penuh debu, kutu, dan tungau sehingga membuat pernapasan terganggu.

8. Inhaler Untuk Penderita Asma

alat bantu pernafasan

Alat ini dapat mengirimkan obat ke dalam saluran pernapasan secara langsung dengan cara dihirup melalui mulut dengan menggunakan obat asma dengan cara dihirup dinilai efektif karena obat tersebut langsung menuju ke paru-paru tubuh. Kendati begitu, tiap inhaler bekerja dengan cara yang berbeda dalam prosesnya. Biasanya dokter akan mengajari Anda cara menggunakan alat tersebut dan melakukan pemeriksaan setidaknya sekali dalam setahun untuk melihat perkembangannya.

9. Ventilator

alat bantu pernafasan

Ventilator merupakan sebuah alat bantu atau pendukung pernapasan yang digunakan oleh seorang yang memiliki permasalahan pernapasan yang diderita. Penggunaan ventilator sebagian besar digunakan oleh pihak rumah sakit. Mulai dari penggunaan oleh pasien yang akan dioperasi atau dianastesi, perawatan dari penyakit paru-paru, dan gangguan pernapasan lain dengan menggunakan ventilator.

Secara umum, alat ini memang menjadi salah satu alat untuk membantu pernapasan seseorang yang menderita sesak nafas. Alat ini juga sering digunakan oleh seorang pasien ketika dirinya sedang operasi dan menggunakan anastesi dalam membantu pernapasannya. Meskipun seseorang yang dioperasi tidak memiliki masalah pernapasan, tapi ventilator digunakan untuk memantau pernapasannya agar stabil.

Selain digunakan saat sedang operasi, ventilator tentu memiliki peran penting untuk membantu pernapasan seseorang ketika memilki gangguan penyakit pernapasan tertentu diantaranya Penyakit tersebut antara lain, Pneumonia, PPOK (chronic obstructive pulmonary disease), cedera tulang belakang/folio, cedera otak, dan overdosis obat juga pada jenis penyakit lainnya yang membutuhkan.

Saat pernapasan terganggu, tentu seseorang akan merasa kurang nyaman bahkan kesulitan saat bernapas dan dari penggunaan Alat ini memang tidak akan menyembuhkan penyakit pernapasan, tapi setidaknya meringankan pernapasan seseorang dan akan dilepas jika pernapasan seseorang tersebut sudah normal.

10. Ambubag (Resucitator)

alat bantu pernafasan

Alat bantu pernafasan adalah alat yang digunakan untuk membantu seseorang yang sedang mengalami gangguan pernafasan atau yang membutuhkan oksigen tambahan dalam tubuh, oksigen yang dibutuhkan dapat membantu seseorang yang kesulitan bernafas entah dalam keadaan sakit atau sedang dalam keadaan darurat karna kelelahan yang memang ruangan disekitarnya tidak terdapat oksigen yang cukup atau tidak dapat memenuhi kebutuhan orang tersebut.

Alat bantu pernafasan yang digunakan bukan hanya tabung oksigen yang berukuran besar atau yang cukup sulit digunakan, dapat pula menggunakan alat bantu pernafasan ambubag yang terbuat dari PVC atau silicon dimana sangat membantu pada alat ini.

Ambubag adalah alat bantu pernafasan untuk memompa oksigen udara bebas yang berdimensi kecil dan ringan yang dapat digunakan dimana saja dan mudah dibawa berpergian karna tidak memakan tempat yang cukup besar dalam penyimpanannya, ambubag adalah alat bantu pernafasan buatan yang sederhana sekali yang mudah dipakai siapa saja, ambubag terbagi 3 jenis yaitu ambubag infant yang digunakan pada bayi, ambubag child yang digunakan anak-anak usia balita dan batita, dan ambubag dewasa yang digunakan usia remaja atau dewasa dengan fungsinya yang sama yakni membantu pernafasan.

Ambubag yaitu berbentuk pompa bulat dan terdapat masker sebagai penghubung udara ke hidung dan mulut kita, pompa tersebut kita tekan secara berulang-ulang maka akan mengeluarkan udara yang kita butuhkan dan dapat mengeluarkan gas CO2 yang dihasilkan.

Ambubag pada umumnya lebih banyak digunakan oleh bidan untuk menangani bayi yang terkadang masih membutuhkan bantuan pernafasan, dan digunakan pada penderita asma yang sering mengalami keadaan darurat dimana sangat membutuhkan pertolongan pertama pada gejala asma, dan kini telah banyak tersedia di toko-toko alat kesehatan yang menjualnya dengan harga yang terjangkau namun Anda harus tetap mengecek kualitasnya.


 

Related Posts

About The Author

Add Comment