Mengenal Alat Bantu Dengar Dan Macamnya

Suara adalah salah satu hal yang akan mewarnai dunia. Bagaimana tidak, dengan warna warni suara ini nantinya akan membuat dunia begitu berwarna. Namun, bagaimana jadinya jika pendengaran kita memiliki masalah untuk mendengar warna warni suara dunia?

Pastinya hal tersebut akan membuat hidup menjadi sepi dan tak berwarna. Namun, dalam hal ini Anda bisa menggunakan alat bantu dengar yang akan mmebuat pendengaran itu kembali ada dan hidup menjadi lebih terisi nantinya.

Spesifikasi Alat Bantu Dengar Untuk Memilih Jenis Yang Tepat

Pengertian alat bantu dengar merupakan sebuah alat akustik yang nantinya akan dipasang di bagian telinga manusia atau pun dibelakangnya. Dengan alat ini, maka akan dapat memunculkan gelombang suara sehingga akan membantu pendengaran bagi yang memiliki gangguan.

Alat bantu dengar sendiri memiliki 5 buah fungsi yang utama yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing orangnya. Dari fungsi inilah nantinya akan tercipta jenis alat bantu dengar yang berbeda.

Mendengar

Seiring dengan pertambahan usia, maka masalah yang ada pada telinga kita pun akan bertambah. Salah satunya adalah tidakmendengar suatu suara dengan jelas. Alat bantu dengar berfungsi untuk memperjelas suatu suara yang ditangkap oleh telinga sehingga suaranya akan jelas seperti semula.

Dengan alat bantu dengar, maka nantinya seseorang akan dapat mendengar dengan nyaman dan juga tak memiliki kesulitan. Saat ini, telah tersedia alat bantu dengar mulai dari bentuknya yang besar, hingga bentuk yang kecil yang mudah digunakan dan juga lebih memberikan intensitas suara yang lebih nyaman.

Mencegah penyakit demensia atau pikun

Pendengaran merupakan organ yang vital di mana saat pemdengaran terganggu, maka akan dapat mengganggu kesehatan yang lain. Salah satunya adalah pikun. Pikun atau demesia ini bisa disebabkan karena gangguan pendengaran.

Sehingga, saat Anda mulai merasakan gangguan pada pendengaran, maka alangkah baiknya segera gunakan alat bantu dengar untuk mencegah penyakit serius yang tak diinginkan. Namun, sebelumnya lakukan pemeriksaan secara rinci terlebih dahulu sehingga Anda yakin apa yang Anda rasakan.

Membantu keseimbangan

Telinga bukan hanya sebagai organ vital namun, juga akan membantu keseimbangan dalam tubuh. Saat pendengaran terganggu, maka dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan.

Salah satu contohnya yang paling nyata adalah saat pendengaran terganggu, maka suara dan juga untuk berbicara pun pasti akan terganggu. Sehingga saat Anda sudah mulai merasakan adanya gangguan, maka segera priksakan dan ambil solusi untuk menyembuhkan.

Meningkatkan komunikasi serta kepercayaan diri

Saat memiliki gangguan pendengaran pastinya akan membuat seseorang akan kesulitan saat berkomunikasi dengan orang lain. Kesulitan komunikasi inilah yang dapat menyebabkan kepercayaan diri akan menurun.

Orang yang mengalami gangguan pendengaran pastinya menginginkan untuk bisa kembali mendengar secara normal seperti biasanya. Sehingga salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat bantu dengar yang akan dapat meningkatkan suara serta volume sehingga komunikasi berjalan dengan lancar dan kepercayaan akan meningkat dengan cepat.

Terhindar dari depresi

Salah satu hal yang tidak diinginkan adalah penderita merasakan adanya isolasi dalam dirinya. Bagaimana tidak, saat mereka mengalami kesulitan untuk komunikasi dengan orang sekitar, maka mereka akan merasakan dirinya sendiri, terisolasi, dan tiada yang menemani karena tak mampu mneyesuaikan diri dengan lingkungan.

Terkadang, sikap sperti itu akan membuat penderita mengalami depressi yang tinggi. Sehingga, saat mengalai gangguan pendengaran, alangkah baiknya untuk segera mencari solusinya dengan menggunakan alat bantu dengar.

Meningkatkan kualitas hidup

Salah satu dampak yang sangat buruk yang terjadi ketika terjadi gangguan pendengaran adalah menurunnya kualitas hidup. Padahal, yang Namanya komunikasi ini adalah salah satu penunjangnya.

Dengan komunikasi yang terbata-bata, maka akan dapat menurunkan fungsi dan juga kualitas hidup. Sehingga, saat menggunakan alat bantu dengar ini akan dapat memperlancar komunikasi sehingga dapat kembali untuk meningkatkan kualitas hidup.

Beberapa Jenis Alat Dengar

Fungsi alat bantu dengar memang beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga tingkat keparahan. Selain itu, alat bantu dengar ini juga memiliki banyak sekali jenis alat bantu dengar yang harus diketahui.

Alat bantu dengar belakang telinga

alat bantu dengar belakang telinga bte

Jenis alat bantu dengar pertama yang sering digunakan adalah jenis BTE yakni behind the ear atau belakang telinga. Model ini adalah yang paling umum di mana terdapat 3 buah bagian dalam alat ini.

Bagian pertama adalah bagian badan alat bantu dengar yang dapat dipindahkan ke bagian belakang, bagian kedua adalah tube atau saluran kecil yang dapat mengalirkan aliran dari speaker ke penerima, dan bagian terakhir adalah earmould yang akan dimasukkan ke bagian liang telinga.

Alat bantu belakang telinga ini bisa dikatakan merupakan alat bantu yang universal di mana bisa digunakan oleh gangguan mulai dari yang sedang hingga gangguan yang berat. Sehingga, tak heran jika alat ini selalu menjadi pilihan.

Alat bantu dengar ote

alat bantu dengar on the ear

Jenis alat bantu yang selanjutnya adalah alat bantu denga rote yakni on the ear. Bagian ini merupakan versi kecil dari model bte sehingga bisa juga diselipkan di bagian telinga. Bagian-bagiannya hampir sama dengan model bte.

Perbedaanya terletak pada bagian ukuranselang di mana model ote ini lebih kecil dari pada model bte atau bahkan bisa dikatakan selangnya tidak terlihat sama sekali. Selanjutnya, bagian earmouldnya juga lebih kecil dari jenis bte. Sehingga, jika melihat dari sisi kenyamanan dan juga keindahannya orang akan cenderung memilih jenis ote.

Alat bantu dengar ite

alat bantu dengar in the ear (ite)

Alat bantu dengar yang selanjutnya adalah jenis ite yakni yang dipasang di dalam telinga. Ukuran alat yang satu ini lebih kecil daripada ukuran model belakang telinga. Jenis alat yang satu ini dapat digunakan oleh gangguan pendengaran dari yang irngan hingga gangguan pendengaran yang berat.

Penggunaan alat ini yakni di dalam telinga sehingga tidak akan terlihat jika mengunakan alat bantu dengar. Fitur tambahan yang ada pada alat ini adalah adanya telecoil yang mampu mneingkatkan suara saat bertelepon atau suara mikrofon. Selain itu, saat Anda sedang berada di luar ruangan juga akan tetap mendengar semua suara karena alat yang satu ii memiliki fitur pengeras suara saat di luar ruangan.

Alat bantu dengar cic

alat bantu dengar cic

Alat bantu dengar jenis cic ini merupakan alat bantu dengar yang paling kecil ukurannya jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Keunggulan menggunakan alat yang satu ini adalah pengguna tak akan terlihat menggunakan alat bantu dengar. Yang Nampak hanyalah senarnya saja yang bersifat transparan.

Alat dengar ini juga bisa digunakan bagi orang yang memiliki gangguan mulai dari ringan hingga berat. Namun, alat yang satu ini juga memiliki kelemahan yakni rawan terhadap kotoran yang menumpuk yang akhirnya dapat menghambat saluran.

Alat bantu dengar itc

alat bantu dengar itc

Selain ada Alat bantu dengar dalam telinga, ternyata ada juga alat bantu dengar yang letaknya bisa di liang telinga. Alat ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari model itc sehingga akan lebih praktis dari segi penggunaan atau pun kenyamanan.

Alat bantu dengar yang satu ini juga terbilang universal karena dapat digunakan mulai dari gangguan ringan hingga gangguan yang berat sekalipun. Alat yang satu ini juga dilengkapi dengan system mikrofon terarah yang memungkingkan peningkatan suara di luar ruangan. Sehingga akan membantu orang untuk mendengar suara yang gaduh di luar ruangan.

Alat bantu dengar wireless

Jenis alat bantu dengar yang selanjutnya adalah alat bantu dengar tanpa kabel. Alat yang satu ini bisa terbilang paling nyaman diantara yang lainnya sata digunakan. Pasalnya, alat yang satu ini tak menggunakan kabel sama sekali sehingga tidak akan terlihat penggunaan alat bantu dengar sehingga akan dapat meningkatkan kepercayaan diri pemakainya.

Alat bantu dengar tanpa kabel yang satu ini bisa terbilang bekerja paling cepat. Pasalnya, system yang dihantarkan dapat bekerja anya dalam hitungan nanodetik saja. Alat bantu dengar tanpa kabel yang satu ini juga membantu permasalahan alat bantu dengar yang lain.

Permasalahan yang sering muncul dalam alat bantu dengar yang terdahulu adalah masalah sumber suara yang datangnya tak jelas dari arah mana. Dengan system tanpa kabel ini, maka sumber suara sudah bisa dipastikan keberadaanya sehingga tidak akan membuat pusing penggunanya.

Dalam penggunaan alat bantu dengar tanpa kebel ini digunakan system yang lebih canggih yakni Bluetooth, medan elektromagnetik, dan juga fm atau frequency modulation sehingga dapat memungkinkan penggunaan yang lebih maksimal.

Melihat banyaknya jenis alat bantu dengar ini, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara kerja alat bantu dengar sehingga akan dapat menggunakannya secara lebih optimal. Cara kerjanya dimulai dari mikrofon yang akan bertugas untuk menangkap setiap suara atau getaran yang ada.

Kemudian, suara tersebut diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang akan dimodifikasi oleh digital sound processor sesuai dengan seberapa parah gangguan pendengaran yang ada. Kemudian setelah itu, maka pengeras suara lah yang segera bertugas untuk meneruskan sinyal ke telinga manusia sehingga akhirnya suara dapat didengar oleh kita.

Bagian dalam alat bantu dengar yang paling penting adalah DSP di mana hampir semua alat kini memiliki bagian yang satu ini. alat ini dalam penggunaanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan yakni dengan seberapa parah gangguan telinga yang dihadapi atau dimiliki oelh manusia.

Alat ini berfungsi untuk memodifikasi sinyal yang masuk hingga akhirnya dapat dikeluarkan dalam bentuk suara nantinya. Selain itu, masih terdapat channels yang bisa memecah suara menjadi berbagai macam bagian. Dengan adanya saluran ini, maka akan membantu kita semua untuk bisa mendengar dengan lebih tenang dan juag lebih keras suaranya.

Selain itu, masih juga terdapat alat yang berfungsi untuk menghalang berbagai macam gangguan seperti peredeam kebisingan, dan juga peredam feedback. Intinya, dengan alat bantu dengar ini maka diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas dalam pendengaran.

Ketahui terlebih dahulu jenis kebutuhannya, baru kemudian sesuaikan dengan jenis alatnya dan gunakan dalam keseharian kita agar tak lagi terdapat gangguan pendengaran serta menjadikan komunikasi akan semakin lancar.


 

Related Posts

About The Author

Add Comment